Sukses

Ribuan Petani Lampung Berdemo

Memperingati Hari Tani Nasional, ribuan petani Mesuji, Lampung, berunjuk rasa meminta perhatian pemerintah terkait nasib para petani yang tergusur dari rumahnya. Mereka mendesak pemerintah memberikan lahan untuk tempat tinggal dan berkebun.

Liputan6.com, Mesuji: Memperingati Hari Tani Nasional, ribuan petani Mesuji, Lampung, berunjuk rasa meminta perhatian pemerintah terkait nasib para petani yang tergusur dari rumahnya. Mereka mendesak pemerintah memberikan lahan untuk tempat tinggal dan berkebun.

Dalam aksi yang digelar pada Ahad (25/9), para petani dari Dusun Moro-moro sempat memblokade jalan sehingga Jalur Lintas Timur Sumatra macet total hingga mencapai lima kilometer lebih. Mereka mendesak pemerintah segera membebaskan Lahan Register 45 yang kini menjadi lahan sengketa antara perusahaan dan para petani.

Menurut koordinator lapangan aksi, Uki, Dusun Moro-moro merupakan bagian dari Lahan Register 45 yang tidak boleh didirikan bangunan atas lahan tersebut. Tapi, para petani mengaku membeli tanah tersebut yang merupakan tanah ulayat. Aparat gabungan pun membongkar rumah petani berujung dengan bentrokan. Akibat penggusuran itu, ribuan orang bertahan dengan mendirikan tenda.

Para petani pun hanya bisa berharap pemerintah dapat menangani nasib para pengungsi yang hingga kini masih telantar.(ADI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.