Sukses

Candi Buddha Ditemukan dalam Galian

Sebuah kompleks Candi Buddha ditemukan warga di Dusun Palgading, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (24/9). Candi ditemukan saat warga sedang membuat pondasi rumah di lokasi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta: Sebuah kompleks Candi Buddha ditemukan warga di Dusun Palgading, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (24/9). Candi ditemukan saat warga sedang membuat pondasi rumah di lokasi tersebut.

Penemuan kompleks candi Buddha yang diperkirakan dibuat pada abad IX dan X bermula saat warga menemukan sebuah patung Buddha berjenis Awalokiteswara di dalam tanah. Masyarakat pun melaporkan temuan patung tersebut ke Balai Pelestarian dan Peninggalan Purbakala atau BP3 Yogyakarta untuk ditindaklanjuti.

Berdasarkan penggalian oleh tim BP3 Yogyakarta, candi yang ditemukan ini berukuran lebih dari 50 x 30 meter. Hingga kini, tim Ekskavasi Situs Palgading sudah menemukan dua bagian candi, yakni bagian selatan dan tengah yang disertai stupa. Sedang bagian lainnya masih dalam pencarian.

Penggalian seluruh kompleks candi diperkirakan tidak mudah karena sebagian bangunan kuno itu diperkirakan berada di dalam tanah yang di atasnya sudah berdiri bangunan milik warga.(ADI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini