Sukses

Anggaran Museum Perlu Ditambah

Sekretaris Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Bondan Kanumayoso berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa menambah anggarannya untuk pembenahan dan peningkatan kualitas museum sejarah di Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta: Sekretaris Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Bondan Kanumayoso berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa menambah anggarannya untuk pembenahan dan peningkatan kualitas museum sejarah di Ibu Kota.

"Saya kira bagus kalau emang ada penambahan anggaran, berarti itu ada perhatian yang lebih, saya kira perhatian itu tidak hanya diucapkan, tetapi juga harus ada tindakan. Dan anggaran itu adalah salah satu bentuk tindakan yang nyata dan konkret," ucap Bondan saat dihubungi melalui sambungan telepon oleh Liputan6.com di Jakarta, Senin (19/9).

Lebih lanjut Bondan menjelaskan peningkatan anggaran tersebut juga harus dibarengi dengan adanya perhatian yang lebih serius seperti penempatan orang-orang yang kredibel dan kreatif. Dan, juga memiliki keahlian dalam menjelaskan dan merawat museum.

"Saya kira anggaran saja juga tidak cukup untuk memperbaiki museum kita. Juga dibutuhkan perhatian yang serius dan dibutuhkan juga harus lebih ada penyesuaian terhadap museum kita. Artinya orang-orang yang bekerja di museum itu memang orang-orang yang sesuai dengan keahliannya dan juga minatnya ke sana," jelasnya.

Bondan pun berharap jangan sampai ada orang-orang yang bukan bidangnya dan tidak berminat untuk mengurusi museum, tapi ditempatkan di sana. Dengan demikian, walaupun anggaran naik hal itu akan berdampak positif bagi pembenahan dan peningkatan kualitas museum itu sendiri.

"Tapi kalo kita bisa menempatkan orang-orang kita yang tepat dan anggarannya ditambah dan kemudian juga perhatian pemerintah ditambah, dan itu akan positif sekali dan perlahan-lahan juga minat masyarakat meningkat terhadap museum kita," tandasnya.(APY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini