Sukses

Petani di Takalar dan Purwakarta Gagal Panen

Kekeringan terus melanda berbagai daerah di Tanah Air, seperti di Takalar, Cirebon, Purwakarta, dan Kediri. Akibatnya sawah-sawah mengering dan petani gagal panen.

Liputan6.com, Takalar: Kekeringan terus melanda berbagai daerah di Tanah Air. Di Kecamatan Oattasalang, Takalar, Sulawesi Selatan, sejumlah sawah dilanda kekeringan. Kurangnya air menyebabkan tanah-tanah pecah dan mengering. Kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir.

Tak hanya di Pattalasang, dua kecamatan lainnya yang juga penghasil pangan terbesar di daerah ini yaitu Kecamatan Kalabirang dan Mangara Bombang juga mengalami kondisi yang sama.

Sementara itu, dampak kekeringan yang kini melanda Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menyebabkan puluhan desa mengalami krisis air bersih. Warga di 30 desa di 10 kecamatan seperti Kecamatan Kaliwedi, Gegesik, Kapetakan, Suranenggala, dan Kecamatan Gunungjati sejak tiga bulan terakhir juga kesulitan air bersih. Kalau pun ada sumur yang berair, rasanya asin dan hambar.

Hal yang sama dialami petani di Purwakarta, Jabar, yang terancam gagal panen akibat kekeringan. Sekitar 30 hektare sawah mereka mengering kekurangan pasokan air. Air dari irigasi yang berada dekat sawah juga mengering.

Sedangkan di Kediri, Jawa Timur, ribuan santri Pondok Pesantren Lirboyo melakukan salat Istikhoq untuk meminta hujan di halaman Masjid Al Hasan. Salat minta hujan hampir setiap tahun dilaksanakan santri Ponpes Lirboyo jika kemarau sudah berkepanjangan dan warga mulai sulit  mendapatkan air bersih.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini