Sukses

Ada 46 Juta Orang Miskin di AS

Amerika Serikat mencetak rekor tingkat kemiskinan tertinggi sejak 1993. Tercatat ada 46 juta warga AS yang hidup di bawah garis kemiskinan

Liputan6.com, Washington DC: Amerika Serikat mencetak rekor tingkat kemiskinan tertinggi sejak 1993. Tercatat ada 46 juta warga AS yang hidup di bawah garis kemiskinan. AS juga memecahkan rekor negara maju termiskin versi Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

Seperti dilansir Reuters, Rabu (14/9), menggarisbawahi tantangan ekonomi yang dihadapi Presiden AS Barack Obama dan Kongres, Biro Sensus Amerika Serikat mencatat tingkat kemiskinan meningkat 15,1 persen pada 2010.

Batas kemiskinan AS adalah keluarga yang memiliki dua anak dengan total pendapatan 22.113 dolar AS per tahun. Survei menunjukkan anak-anak di bawah usia 18 tahun mengalami tingkat kemiskinan tertinggi yang mencapai 22 persen lebih besar jika dibandingkan dengan orang dewasa. Survei juga menemukan rendahnya tingkat asuransi kesehatan yang disediakan oleh perusahaan. Kondisi ekonomi pun diperburuk dengan tingkat pengangguran yang kini telah mencapai 9,6 %.

"Semua kemerosotan yang terjadi dalam pasar tenaga kerja menyebabkan pendapatan menurun, kemiskinan meningkat juga merenggut asuransi kesehatan dari tangan warga. Hal ini tentu masih akan menjadi perhatian utama pemerintah dalam beberapa tahun mendatang," kata pakar ekonomi dari Economic Policy Institute, Heidi Shierholz. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini