Sukses

TKI Diadili Karena Dituduh Melakukan Sihir

Imas Nirwati binti Kosim Seorang TKI asal Bandung, Jawa Barat dituduh melakukan sihir terhadap orangtua majikannya di Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta: Imas Nirwati binti Kosim Seorang TKI asal Bandung, Jawa Barat dituduh melakukan sihir terhadap orangtua majikannya di Arab Saudi.

Akibat tiduihan ini kini Imas tengah menunggu proses hukum, dan ditampung di Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Arab Saudi. "Imas Nirwati sudah ada di Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Arab Saudi, sejak dua minggu lalu, dalam keadaan sehat walafiat," kata Deputi Perlindungan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Lisna Y Poeloengan dalam surat elektroniknya kepada Liputan6.com, Jumat (9/9).

Lisna mengatakan Imas berada di Konsulat Jenderal RI di Jeddah untuk menunggu proses banding atas kasus hukumnya dan dia didampingi oleh pengacara. "Kalau cepat selesai akan segera dipulangkan ke tanah air," kata Lisna.

Sebelumnya Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat mengirim surat bkepada Konsul Jenderal RI di Jeddah Zakaria Anshar perihal penanganan kasus Imas Nirwati binti Kosim Rumakana. Melalui surat itu, Jumhur berharap KJRI Jeddah segera memulangkan Imas ke Indonesia dengan menggunakan jalur diplomatik.

Berkaitan dengan proses kepulangan Imas agar KJRI menjemput di rumah pengguna untuk dibawa ke penampungan pada kesempatan pertama sehingga Imas merasa aman dan dilindungi. Imas tiba di Arab Saudi pada 14 November 2008 untuk bekerja pada pengguna perorangan atas nama Marzooq Asad Salman Al Abdadi. Namun setelah kontrak kerjanya habis Imas tidak dipulangkan ke tanah air, bahkan dituduh melakukan sihir terhadap orangtua sang majikan. (ARI)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.