Sukses

Gempa Singkil Merusak Puluhan Bangunan

Subulussalam menjadi salah satu lokasi yang terparah terkena dampak gempa di Aceh Singkil, NAD, kemarin. Puluhan bangunan rusak berat dan ringan.

Liputan6.com, Singkil: Gempa 6,7 skala Richter yang menguncang Kabupaten Aceh Singkil, NAD, Selasa dini hari kemarin, telah meluluhlantakkan ratusan rumah dan bangunan lainnya. Subulussalam menjadi salah satu lokasi yang terparah terkena dampak gempa kemarin. Puluhan bangunan rusak berat dan ringan.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah, di Subulussalam sediktinya 20 rumah rusak berat, satu masjid dan lima musala serta sekolah dan puskesmas juga rusak. Selain dinding yang retak, beberapa bangunan plafonnya runtuh. Selain itu, beberapa ruas jalan juga retak. Kondisi yang sama juga terjadi di kecamatan lainnya seperti Sultan Daulat, Simpang Kiri, dan Penanggalan.

Di Sibolga, Sumatra Utara, gempa meruntuhkan pos keamanan laut atau Kamla III Hajoran milik TNI Angkatan Laut. Seluruh bangunan roboh ke laut dan nyaris tenggelam. Para petugas mengevakuasi beberapa peralatan yang mengapung dan masih bisa diselematkan. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Perbaikan pos keamanan laut ini mendesak karena keberadaannya sangat dibutuhkan bagi pelayaran di perairan Sibolga.

Gempa Singkil juga dirasakan di Medan, Sumut. Dari rekaman kamera pengawas, pengunjung salah satu hotel di Kota Medan berlarian menuju pintu keluar saat gempa mengguncang. Mereka tidak sempat membawa serta barang berharga yang tertinggal di dalam kamar hotel karena dilanda kepanikan.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini