Sukses

Iran Resmi Operasikan PLTN Pertama

Pemerintah Iran telah meresmikan dan menjalankan pembangkit listrik tenaga nuklir pertamanya yang berlokasi di kota selatan Bushehr

Liputan6.com, Teheran: Pemerintah Iran telah meresmikan dan menjalankan pembangkit listrik tenaga nuklir pertamanya yang berlokasi di kota selatan Bushehr. Hal itu juga sudah dikonfirmasi oleh pihak berwenang Organisasi Energi Atom Iran pada Ahad kemarin.

Seperti dilansir laman NHK, Senin (5/9), PLTN itu akan mengirim output listrik yang masih rendah untuk saat ini dan akan menjalani inspeksi keselamatan secara rutin. PLTN yang dibangun dengan bantuann Rusia itu juga dijadwalkan untuk masuk ke tahap operasi penuh pada akhir tahun.

Rusia juga akan mengambil alih pemberian batang bahan bakar nuklir dan mengambil bahan bakar yang sudah dihabiskan. Menurut pemerintah Iran, pihaknya akan membangun sebanyak 20 PLTN lainnya di masa mendatang dan siap untuk memperkaya uranium demi mendapatkan bahan bakar sendiri.

Sebelumnya, Iran telah menyatakan bahwa program nuklirnya tersebut untuk tujuan damai. Namun, Israel dan negara-negara Barat lainnya khawatir bahwa pembukaan PLTN Bushehr bisa membuka jalan bagi Iran untuk mengembangkan senjata nuklir. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.