Sukses

Sultan Kasepuhan Cirebon Salat Id Dua Kali

Menurut Sultan, dia dan keluarga Salat Id dua kali karena ini melanjutkan tradisi yang sudah ada sejak dulu. Khotbahnya menggunakan bahasa Arab.

Liputan6.com, Cirebon: Sultan Kasepuhan XIV Cirebon PRA Arief Natadingrat mengikuti Salat Id di Keraton Kasepuhan, Rabu (31/8). Salat diikuti keluarga dan mereka yang bekerja di keraton.

Sebelumnya, imam masjid menjemput Sultan untuk diantar ke Langgar Agung yang ada di dalam Keraton Kasepuhan. Pelaksanaan Salat Id di keraton tak berbeda dengan umumnya. Hanya khotbah di sana disampaikan dalam bahasa Arab.

Konon penggunaan bahasa Arab dilakukan sejak Islam masuk ke Jawa. Bersamaan dengan Sunan Gunung Jati menyebarkan Islam ke Cirebon.

Dari Langgar Agung, Sultan dan keluarganya menuju Masjid Cipta Rasa untuk Salat Id dengan masyarakat di luar Keraton Kasepuhan. Menurut Sultan, dia dan keluarga Salat Id dua kali karena ini melanjutkan tradisi yang sudah ada sejak dulu.

Setelah salat, Sultan kembali ke keraton. Dia dan keluarga disambut alunan gamelan Sekaten. Gamelan ini hanya ditabuh dua kali dalam setahun, yakni ketika Idulfitri dan Maulid Nabi Muhammad SAW.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini