Sukses

Kompleks Makam Gus Dur Akan Direnovasi

Kompleks makam mantan Presiden Republik Indonesia Gus Dur di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jatim, akan direnovasi.

Liputan6.com, Jombang: Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan (Menko Kesra) Agung Laksono meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya renovasi kompleks makam mantan Presiden Republik Indonesia KH Abdurahman Wahid (Gus Dur), di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

"Semoga peletakkan batu pertama ini bisa menjadi awal yang baik untuk proses renovasi makam Gus Dur ini," kata Agung, Ahad (21/8).

Menurut Agung, proses pembangunan makam tokoh nasional berjulukan Guru Bangsa tersebut, dimulai sekitar setahun lalu. Ketika itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang baru pulang dari luar negeri memanggilnya terkait rencana renovasi makam tersebut. Dalam pertemuan itu Presiden meminta supaya makam Gus Dur direnovasi.

Setelah mendapat perintah dari Presiden, Agung kemudian menghubungi keluarga Gus Dur, yakni KH Salahuddin Wahid selaku pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, dan Yenni Wahid. Intinya mereka setuju dengan pembangunan tersebut.

Hanya saja, kata Agung, ada permintaan dari keluarga Gus Dur agar makam tersebut tidak dibangun secara berlebihan. Alasanya, dalam tradisi Nahdlatul Ulama pembangunan makam secara berlebihan itu tidak diperbolehkan. "Akhirnya disepakati kalau yang dibangun secara optimal adalah lingkungan sekitarnya. Bukan makamnya," katanya.

Pembangunan sekitar makam yang dimaksud Agung adalah pembangunan lahan parkir, toilet, museum dan tempat penjualan suvenir. Sementara itu, Sholahudin Wahid mengatakan, tidak akan ada perubahan sedikit pun pada makam kakaknya tersebut. Makam itu tetap beratap langit atau tanpa atap yang dibuat secara khusus. "Renovasi itu untuk fasilitas pendukung, bukan komplek makam di mana Gus Dur dikebumikan," katanya.(IAN/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini