Sukses

Hutan, Alternatif Sumber Pangan Nasional

CIFOR menggagas konferensi pengembangan hutan Indonesia sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional.

Liputan6.com, Bogor: Center for International Forestry Research (CIFOR) menggagas konferensi pengembangan hutan Indonesia sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional. Konferensi berjudul "Hutan Indonesia: Alternatif masa depan untuk memenuhi kebutuhan pangan, kayu, energi dan REDD+" itu akan diselenggarakan di Jakarta, 27 September mendatang.

"Selain mengkaji isu utama pemenuhuan kebutuhan pangan berbasis hutan, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat mengkaji masalah kayu, energi maupun Deforestasi dan Degradasi Hutan (REDD+)," kata Direktur Jenderal CIFOR Frances Seymour di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/8).

Menurut Seymour, masalah penting dan strategis itu harus melibatkan para pemangku kepentingan kehutanan, selain para ahli.  "Perhelatan akbar tersebut melibatkan lebih dari 800 pemegang kepentingan utama hutan Indonesia, yang akan membuat diskusi-diskusi pada forum konferensi hangat dan hidup," katanya.

Kegiatan tersebut dijadwalkan dihadiri 39 pembicara, panelis, dan moderator, di antaranya utusan khusus Perubahan Iklim Bank Dunia Andrew Steer, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto, dan Nana Suparna dari Asosiasi Pengusahaan Hutan Indonesia.

"Konferensi ini diharapkan dapat meningkatkan peran hutan Indonesia dalam pengembangan pangan, energi dan perubahan iklim global," papar Seymour.

Konferensi tersebut digagas sebagai kerja sama antara CIFOR, Pemerintah Norwegia dan Australia, UK Climate Change Unit Indonesia, Climate and Land Use Alliance (CLUA), Bank Dunia, dan Komisi Uni Eropa. (Ant/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini