Sukses

Mengintip Proses Pembuatan Dodol Garut

Dodol Garut sekitar enam puluh tahun menjadi oleh-oleh khas dari Garut Jawa Barat. Faktor zaman dan permintaan yang terus meningkat membuat proses pembuatannya ikut berinovasi.

Liputan6.com, Garut: Dodol Garut sekitar enam puluh tahun menjadi oleh-oleh khas dari Garut Jawa Barat. Faktor zaman dan permintaan yang terus meningkat, membuat proses pembuatannya semakin canggih, yakni dengan menggunakan mesin-mesin. Awalnya, cemilan yang sudah ada sejak 1940-an ini diproduksi secara manual.

Dalam proses pembuatannya, kebersihan merupakan hal yang dipentingkan. Lalu seperti apa cara pembuatan dodol Garut?

Bahan yang digunakan cukup sederhana, yakni dari beras ketan, santan, dan dicampur gula, Jumat (19/8). Bahan-bahan ini selanjutnya diaduk sekitar 3-4 jam. Kemudian diberi rasa seperti coklat, wijen, susu, strawberry, jahe, dan moca.

Setelah diberi perasa, dodol ini dimasukkan ke dalam wadah dan didinginkan di dalam ruangan selama satu malam. Kemudian diiris dan dilipat dan dikemas. Dodol pun siap dipasarkan ke seluruh pelosok di Indonesia.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.