Sukses

Serangan Militer Suriah Tewaskan 26 Orang

Pasukan tank dan kapal angkatan laut Suriah kembali melancarkan serangan ke kota pelabuhan utama Laut Tengah, Latakia, pada Ahad kemarin.

Liputan6.com, Amman: Pasukan tank dan kapal angkatan laut Suriah kembali melancarkan serangan ke kota pelabuhan utama Laut Tengah, Latakia, pada Ahad (14/8) kemarin. Menurut para warga dan kelompok HAM setempat, serangan itu menewaskan sedikitnya 26 warga sipil, seperti dilaporkan Reuters, Senin (15/8).

Sejak awal bulan puasa Ramadhan pada 1 Agustus lalu, pasukan Presiden Bashar al-Assad terus melancarkan operasi serangan darat dan laut di seluruh negeri untuk mencoba menekan protes menuntut kebebasan politik dan mengakhiri 41 tahun pemerintahan keluarga Assad.

Menurut saksi mata seorang mahasiswa, sekitar 20.000 orang melakukan demonstrasi setiap harinya untuk menuntut kemunduran Assad di berbagai wilayah kota setelah menggelar salat tarawih bersama.

Organisasi Nasional Hak Asasi Manusia Suriah, yang dipimpin oleh pembangkang Ammar al-Qurabi, mengatakan pihaknya memiliki nama-nama 26 warga sipil yang tewas di Latakia, termasuk seorang gadis dua tahun, Ola al-Jablawi. Kematian mereka disebabkan oleh pasukan keamanan yang menembak mati 20 orang selama demonstrasi nasional pada Jumat lalu.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, sebagian besar korban ditembak dengan senapan mesin. Sementara Koordinator Persatuan Revolusi Suriah mengatakan empat warga sipil lainnya dilaporkan tewas di lokasi lainnya di Suriah pada Ahad kemarin. (JAY/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini