Sukses

Tanpa Pengawasan, Facebook Sama Bahaya dengan Narkotik

Bahaya narkotik dan obat-obat berbahaya alias narkoba, ternyata setara dengan dampak negatif penggunaan Facebook. Setidaknya, itulah yang tampak dari papan nomor rumah warga sebuah kelurahan di Depok, Jawa Barat.

Liputan6.com, Depok: Waspadalah bahaya narkoba dan Facebook... Kalimat itu tertera pada papan nomor rumah yang terpasang di rumah-rumah warga Kelurahan Bojongsari, Depok, Jawa Barat, sejak 2009.

Situs jejaring sosial Facebook memang telah jadi sarana komunikasi populer di kalangan warga kelurahan tersebut, dewasa maupun anak-anak. Itulah sebabnya, orangtua dan pejabat setempat khawatir penggunaan Facebook tanpa pengawasan bisa berdampak negatif.

"Takutnya kita bergaul dengan orang yang tidak benar atau gimana gitu," kata Irma, salah seorang warga Bojongsari. Kecemasan serupa disuarakan Irfan, Ketua Karang Taruna Bojongsari. "Biar orangtua tahu dan mewaspadai anak-anaknya," ucapnya.

Adapun menurut Lurah Bojongsari Subandi, tulisan di papan nomor rumah itu hanyalah bersifat imbauan. "Jadi, jangan main sembarangan Facebook."

Kekhawatiran mereka memang bisa dipahami atau dimaklumi. Saat ini telah muncul berbagai kasus pertemanan lewat Facebook berujung tindak kriminal.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.