Sukses

Taliban Klaim Tembak Jatuh Helikopter AS

Jurubicara Taliban mengatakan pihaknya menembak jatuh sebuah helikopter karena pasukan NATO menyerang tempat pertemuan pemberontak.

Liputan6.com, Kabul: Jurubicara Taliban mengatakan pihaknya menembak jatuh sebuah helikopter karena pasukan NATO menyerang tempat pertemuan pemberontak. Pihak pemberontak menjatuhkan helikopter menggunakan roket setelah pasukan AS dan Afghanistan menyerang sebuah rumah di daerah Sayd Abad, Wardak, dimana kelompok perlawanan melakukan pertemuan pada Jumat malam.

Saksi mata setempat memastikan hal ini kepada BBC dengan mengatakan dirinya melihat helikopter yang terbang rendah, ditembak roket, terbakar dan kemudian mengalami kecelakaan. Helikopter tersebut dilaporkan dalam perjalanan kembali setelah melakukan operasi terhadap Taliban di mana delapan pemberontak diduga tewas.

Pasukan Bantuan Keamanan Internasional pimpinan NATO memastikan kecelakaan, tetapi belum memberikan rincian korban ataupun penyebab kejadian. NATO menyatakan sedang melakukan operasi untuk mengumpulkan sisa helikopter dan mengetahui penyebab kecelakaan. Mereka mengatakan "musuh sedang beroperasi di daerah" tempat helikopter jatuh.

Pejabat Afghanistan mengatakan 31 anggota pasukan khusus AS dan tujuh tentara Afghanistan tewas pada kejadian di Afghanistan timur tersebut. Ini adalah korban terbesar Amerika Serikat dalam satu kejadian di Afghanistan.

Saat ini terdapat 140.000 pasukan asing, sekitar 100.000 dari AS. Mereka bertempur melawan milisi Taliban dan melatih pasukan setempat agar dapat mengamankan negara itu. Semua pasukan tempur asing dijadwalkan meninggalkan Afghanistan akhir 2014, sebagian di antaranya sudah pergi.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini