Sukses

OPEC Berencana Gelar Pertemuan Darurat

Para menteri OPEC akan mengadakan konsultasi jika harga minyak mentah terus jatuh, tapi terlalu dini untuk mendesak sebuah pertemuan luar biasa, perwakilan Iran untuk OPEC mengatakan, Jumat (5/8).

Liputan6.com, Teheran: Para menteri OPEC akan mengadakan konsultasi jika harga minyak mentah terus jatuh, tapi terlalu dini untuk mendesak sebuah pertemuan luar biasa, perwakilan Iran untuk OPEC mengatakan, Jumat (5/8). "Jika harga minyak jatuh terus, para menteri OPEC akan berkonsultasi. Tapi apakah ada kebutuhan untuk sebuah pertemuan luar biasa, terlalu dini untuk mengatakan, karena fluktuasi harga minyak adalah normal di pasar," kata Mohammad Ali Khatibi seperti dikutip oleh kantor berita Shana.

"Pengalaman yang diperoleh dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bahwa masalah-masalah ekonomi dapat berdampak pada permintaan minyak dunia dan jadi kami harus melihat jika krisis berlanjut dalam beberapa minggu mendatang, kemudian datang ke sebuah kesimpulan yang komprehensif," tambahnya.

"Penurunan harga minyak pada (lalu) beberapa hari tidak dapat digunakan sebagai kriteria untuk membuat keputusan tentang masa depan pasar dan sebuah keputusan kuat hanya dapat dilakukan jika tren ini terus berlanjut," katanya.

Iran saat ini memegang giliran ketua Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC). Sesi pertemuan biasa OPEC berikutnya akan diadakan pada 14 Desember di Wina. Iran adalah produsen terbesar kedua OPEC, dan pendapatan minyaknya merupakan sekitar 80 persen dari sumber devisa Teheran. (AFP/Ant/ARI)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini