Sukses

Sejumlah kendala Hadang Partai SRI

Pengamat politik dari LIPI, Ikrar Nusa Bhakti, mengatakan, Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) yang akan mengusung mantan menteri keuangan, Sri Mulyani Indrawati Gandjar, sebagai calon presiden pada pemilu 2014 menghadapi tantangan sangat berat.

Liputan6.com, Jakarta: Pengamat politik dari LIPI, Ikrar Nusa Bhakti, mengatakan, Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) yang akan mengusung mantan menteri keuangan, Sri Mulyani Indrawati Gandjar, sebagai calon presiden pada pemilu 2014 menghadapi tantangan sangat berat.

"Partai SRI harus lolos dari persyaratan verifikasi partai politik dan harus membebaskan Sri Mulyani dari belenggu stigma kasus Bank Century," kata Bhakti, usai diskusi "Kesetaraan Lembaga Perwakilan untuk Membangun Daerah" di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (5/8).

Menurut dia, eksistensi Partai SRI masih rendah dan belum memiliki basis massa yang kuat. Pendiri Partai SRI yakni sejumlah akedemis yang relatif baru terjun ke dunia politik harus mampu menunjukkan bahwa partai berlambang sapu lidi itu mampu memenuhi persyaratan sebagai partai politik setelah dilakukan verifikasi.

"Meskipun Partai SRI eksistensinya masih rendah, tapi saya melihat ada perbedaan antara Partai SRI dengan partai politik lainnya, yakni pendirinya adalah kalangan intelektual, filsuf, dan pengamat yang sejak dulu tidak mau aktif di partai politik tapi saat ini memiliki komitmen untuk memperbaiki bangsa Indonesia," katanya.  (Ant/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.