Sukses

Keindahan Seni Wayang Pasir

Banyak cara mengenalkan wayang pada khalayak. Fauzan mengenalkan wayang melalui seni melukis pasir.

Liputan6.com, Nganjuk: Diiringi musik yang mengalun syahdu, Fauzan perlahan membuat goresan dengan jari-jari tangannya di atas serbuk pasir halus. Semakin lama goresannya terlihat jelas menjadi gambar yang ingin disampaikan. Apa yang dilakukan Fauzan, orang menyebutnya seni wayang pasir.

Fauzan adalah dalang wayang pasir satu-satunya yang ada di Tanah Air, bahkan di Asia Tenggara. Kiprah alumnus Seni Rupa Institut Teknologi Bandung atau ITB ini banyak membuat orang terkagum melihatnya.

"Prosesnya luar biasa. Yang pasti, ini merupakan media seni baru yang harus dikembangkan," kata Wahyudi yang menyaksikan aksi Fauzian di Nganjuk, Jawa Timur, baru-baru ini.

Ide kreatif Fauzan tak instan. Dibutuhkan proses panjang hingga menemukan media yang tepat sebagai wadah menyalurkan bakat seninya.

Seni wayang pasir merupakan seni lukis yang menggunakan pasir laut lembut dan halus. Wayang pasir tak hanya mengambil cerita pewayangan saja, tapi juga nasionalisme, seperti cerita lahirnya Pancasila.

Saat ini, seni lukisan pasir belum banyak ditekuni orang, meski di luar negeri sudah banyak diketahui seperti, di Prancis, Italia, atau negara-negara lain.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.