Sukses

TKI di Korsel Dapat Ponsel Gratis

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Korea Selatan akan diberikan telepon seluler (HP) secara gratis. Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan para tenaga kerja.

Liputan6.com, Jakarta: Wujud kepedulian terhadap keselamatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri, PT. Nukumala Abadi (operator di Korsel) akan memberikan bantuan berupa pemberian handphone atau telepon selular secara gratis kepada TKI di Korea Selatan melalui Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Pemberian HP ini khusus diberikan kepada TKI legal atau hasil kerjasama antar dua negara (G to G).

Direktur Utama PT. Nurkumala Abadi, Hermin Abdul Syukur, mengatakan, jumlah HP yang diberikan tergantung jumlah TKI yang diberangkatkan. "Maksud dan tujuan untuk memudahkan pekerja kita untuk berkomunikasi dengan keluarga, juga menyelesaikan masalah tenaga kerja kita yang bekerjsa di luar negeri. Jumlahnya tergantung, sesuai yang diberangkatkan, minggu depan ini HP akan langsung diberikan," ujarnya di Kantor BNP2TKI, Jakarta, Jumat (8/7).

Sementara itu, Kepala BNP2TKI, Jumhur Hidayat mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih dengan adanya bantuan ini. Karena ternyata masih ada yang juga memperdulikan TKI di luar negeri. "Kita sangat berterima kasih ya. Mudah-mudahan akan ada pemberian HP ke seluruh TKI di dunia, ini yang sedang dibahas oleh kita dan DPR," katanya.

Penandatanganan Penyerahan Bantuan Telepon Seluler ini  diwakilkan oleh Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah, BNP2TKI Haposan Saragih (pihak I), dengan Direktur Utama PT. Nurkumala Abadi, Hermin Abdul Syukur (pihak II). Dan disaksikan Kepala BNP2TKI beserta jajarannya.

Perlu diketahui, kerjasama antar kedua negara sudah terjalin sejak 2004, dan hingga kini. Menurut data BNP2TKI, pada 2004 terdapat 360 TKI yang diberangkatkan, 2005 itu sebanyak 4.367 TKI, 2006 sebanyak 1.274 TKI, 2007 sebanyak 4.303 TKI, 2008 sebanyak 11.885 TKI, 2009 sebanyak 2.04, 2010 sebanyak 3.962 TKI, dan 2011 (per 4 Juli) sudah diberangkatkan 2.92r TKI ke Korea Selatan. TKI di Korsel bekerja di bidang perikanan, manufaktur, industri, pertanian, dan jasa.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini