Sukses

Gunung Soputan Meletus

Gunung Soputan di Minahasa Selatan, Sulut, sekitar pukul 06.00 WITA, meletus. Empat kabupaten dan kota langsung terkena dampak terjangan debu.

Liputan6.com, Minahasa Selatan: Gunung Soputan di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Ahad (3/7) pukul 06.00 WITA, meletus. Semburan asap dan debunya mencapai ketinggian 5.000 meter ke udara.

Selain debu serta asap, letusan juga menghasilkan gas panas. Tapi, hanya berdampak di sekitar kawah saja. Sejak sepekan, Pusat Vulkanologi dan Metigasi Bencana Geologi telah menaikkan status Gunung Soputan dari waspada menjadi siaga.

Proses evakuasi warga saat ini masih terus dilakukan karena terjangan asap serta debunya mencapai empat kabupaten dan kota. Keempat kabupaten dan kota itu adalah Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, Kota Manado, dan Kota Bitung.

Gunung setinggi 1.784 meter ini termasuk gunung berapi paling aktif karena terus menunjukan peningkatan aktivitas vulkanik serta terjadi letusan hampir setiap tahun. Soputan terakhir meletus pada Juli 2008 lalu.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini