Sukses

Liburan di Museum Anak Kolong Tangga

Anda sedang mencari obyek wisata edukatif untuk anak-anak di Yogyakarta? Tak ada salahnya bertamasya ke Museum Anak Kolong Tangga, tak jauh dari Malioboro.

Liputan6.com, Yogyakarta: Anda sedang mencari obyek wisata edukatif untuk anak-anak di Yogyakarta? Tak ada salahnya bertamasya ke Museum Anak Kolong Tangga. Sesuai lokasinya, di kolong tangga Taman Budaya, tak jauh dari pusat belanja tradisional Malioboro, Yogyakarta.

Tak perlu merogoh kocek dalam, sebab tiket masuknya hanya Rp 2.500. Bahkan, anak-anak di bawah 14 tahun bisa masuk gratis. Museum yang dibuka pada 2008 itu diprakarsai oleh seniman asal Belgia, Rudi Corens, yang sudah menetap di Yogyakarta selama 20 tahun.

Koleksi museum terdiri dari beragam mainan dari segala zaman dari seluruh dunia, lengkap dengan sejarahnya. Totalnya, ada sekitar 6.000 mainan yang display-nya ditukar setiap enam bulan. Selain koleksi pribadi Rudi, mainan-mainan tersebut juga berasal dari sumbangan sahabat-sahabatnya di dalam dan luar negeri.

"Saat kami berkunjung, anak-anak diajarkan membuat dan mewarnai wayang," kata seorang pengunjung museum, Panji Catur Pamungkas.

Meski sedang mengalami krisis keuangan, Museum Anak Kolong Tangga bersama para relawan museum bertekad untuk terus peduli pada anak-anak Indonesia. Tempat itu juga menyediakan berbagai kegiatan yang bersifat edukasi, namun tetap menyenangkan.

Jadi, tunggu apa lagi?(ASW/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini