Sukses

Al-Zawahri Jadi Pengganti Osama bin Laden

Pengganti Osama bin Laden telah ditemukan. Orang tertinggi nomor dua Ayman al-Zawahri akan melanjutkan tugas sang raja teroris.

Liputan6.com, Kairo: Setelah kematian pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden akibat operasi militer yang dilancarkan Amerika Serikat. Kini, Al Qaeda telah menemukan sosok baru yang siap untuk melanjutkan tugas "mulia" Osama. Ayman al-Zawahri disebut-sebut sebagai pengganti Osama, Kamis (16/6).

"Jenderal komando Zawahri telah ditetapkan sebagai pemimpin baru Al Qaeda," ungkap Al Qaeda yang diposting di sebuah situs.

Meskipun tidak jelas apa motif Al Qaeda memilih  Zawahri. Tapi, menutut laporan, kedekatan antara Osama dan Zawahri tidak bisa dipungkiri. Selama ini, pria berusia 59 tahun itu menjadi orang kepercayaan Osama, serta menjadi orang nomor dua tertinggi di jaringan Al Qaeda. Zawahri diperkirakan akan memulai aksinya di perbatasan Pakistan dan Afghanistan.

Zawahri bertemu dengan Osama pada 1980 silam. Saat keduanya berada di Pakistan. Mereka berdua juga ikut berperan dalam melawan Uni Soviet yang datang ke Afghanistan.

Selama ini, Zawahri telah masuk dalam daftar pencarian interpol, dengan hadiah US$ 25 juta bagi yang bisa menemukannya. Zawahri juga menjadi orang nomor satu paling dicari oleh Amerika Serikat. (Telegraph/MSNBC/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.