Sukses

Ribuan Warga Suriah Kabur ke Turki

Ribuan warga Suriah dilaporkan telah melarikan diri ke Turki menjelang serangan pasukan pemerintah terhadap para demonstran. Kelompok hak asasi manusia menyebutkan 1.200 orang tewas dan sekitar 5.000 telah melarikan diri ke Lebanon.

Liputan6.com, Damaskus: Ribuan warga Suriah dilaporkan telah melarikan diri ke Turki menjelang serangan pasukan pemerintah terhadap para demonstran. Demikian dilansir situs NHK, Jumat (10/6).

Pemerintah Turki mengatakan, sekitar 2.500 orang dari Suriah telah melintasi perbatasan dalam periode tiga hari sampai Kamis kemarin. Turki dilaporkan telah mendirikan sebuah tempat pengungsian dan mendistribusikan makanan serta minuman. Sejumlah unit ambulans juga disiagakan untuk mengangkut pada pengungsi yang terluka.

Sementara itu, pasukan keamanan Suriah telah menyiapkan sejumlah tank di sekitar kota utara Jisr al-Shughour. Pemerintah Suriah mengisyaratkan hal tersebut untuk meningkatkan aksi kekerasan setelah sejumlah pasukan keamanan tewas dalam serangan para demonstran pada awal pekan ini.

Pemerintah Suriah hingga kini terus menindak keras demonstran anti-pemerintah yang menuntut pengunduran diri Presiden Bashar al-Assad. Akibat tindakan itu, kelompok hak asasi manusia menyatakan 1.200 orang tewas dan sekitar 5.000 telah melarikan diri ke Lebanon.(JAY/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini