Sukses

Menyulap Tas Plastik Jadi Benda Kerajinan

Biasanya tas plastik atau tas kresek dibuang begitu saja setelah digunakan untuk membungkus barang. Namun, di tangan Hendrati, warga Singkil, Boyolali, berbagai jenis limbah tas plastik bisa disulap menjadi berbagai kerajinan yang cukup indah.

Liputan6.com, Boyolali: Biasanya tas plastik atau tas kresek dibuang begitu saja setelah digunakan untuk membungkus barang. Kalaupun dijual sebagai barang bekas, paling-paling harganya tidak seberapa.

Namun, di tangan Hendrati, warga Singkil, Boyolali, berbagai jenis limbah tas plastik bisa disulap menjadi berbagai kerajinan yang cukup indah. Salah satunya berupa baju boneka.

Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Pisahkan tas plastik bekas antara yang polos dengan bermotif. Mula-mula potong memanjang dengan menggunakan gunting. Setelah itu, plastik yang sudah dipotong itu digulung pada kaleng. Kemudian buat pola sesuai yang dikehendaki. Untuk membuat baju boneka, plastik yang sudah dipilin disulam dengan menggunakan jarum.

Bukan hanya baju boneka. Limbah tas plastik bisa juga dibuat tas pinggang dan topi. Harga jualnya cukup bervariasi, mulai dari Rp 750 hingga Rp 25 ribu  tergantung jenis dan bentuk barang. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.