Sukses

Berjumpa Rawon di Batam

Makanan khas daerah tidak selamanya hanya berada di daerah asal namun dapat berkembang ke daerah lain. Makanan khas Surabaya, Jawa Timur, rawon, misalnya, kini telah ada di Batam, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Batam: Makanan khas daerah tidak selamanya hanya berada di daerah asalnya namun dapat berkembang ke daerah lain. Makanan khas Surabaya, Jawa Timur, rawon, misalnya, kini telah ada di Batam, Kepulauan Riau.

Bagaimana menghasilkan rawon yang lezat? Mula-mula daging sapi segar direbus selama satu jam. Daging kemudian diangkat lalu dipotong-potong, kemudian dimasukkan kembali ke dalam panci masak.

Bumbu yang terdiri daun bawang, batang serai, jahe, daun limau nipis, bawang merah, dan putih dicampur menjadi satu, lalu dimasukkan ke dalam panci berisi daging potong lalu dimasak hingga matang.
 
Hasilnya, kuah yang semula jernih berubah menjadi hitam seperti dicampur kecap. Namun, hitamnya kuah dan daging akibat campuran dari bumbu ini yang menyebabkan rawon menjadi lezat. 

Untuk menjaga kekhasan rasa rawon, pemilik mendatangkan bumbu dari Surabaya. Dengan kesamaan cita rasa dengan daerah asal, masakan rawon di Batam ini laris manis diserbu para konsumen.  (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini