Sukses

Tragedi Cikeusik Terekam Kamera

Penyerangan terhadap jemaah Ahmadiyah di Pandeglang, Banten, sempat terekam seorang kameraman amatir. Terlihat polisi tak berdaya mencegah keberingasan massa.

Liputan6.com, Pandeglang: Indonesia menjadi tuan rumah acara Pekan Kerukunan Antarumat Beragama Sedunia yang dipelopori Perserikatan Bangsa-bangsa. Ironisnya, saat hari pembukaan acara, terjadi penyerangan terhadap jemaah Ahmadiyah yang menewaskan tiga orang. Penyerangan ini sempat terekam oleh seorang kameraman amatir.

Dalam video amatir yang terekam Ahad (6/2) sekitar pukul 10.30 itu, terlihat ratusan orang berkumpul di depan rumah yang diduga milik jemaah Ahmadiyah di Desa Umbulan, Kecamatan Cikeusik, Pandeglang, Banten.

Sejumlah polisi juga berada di lokasi, namun tak mampu berbuat apa-apa. Jumlah massa yang besar membuat polisi tidak berkutik. Massa pun sulit dikendalikan dan tega menyiksa sejumlah anggota Ahmadiyah hingga tewas [baca: Dipastikan Tiga Warga Ahmadiyah Tewas].

Penyerangan terhadap kelompok Ahmadiyah dipicu kedatangan sejumlah anggota jemaah dari luar daerah ke Kecamatan Cikeusik. Massa yang kesal akan aktivitas Ahmadiyah tiba-tiba menyerang. Peristiwa main hakim sendiri ini kemudian dikecam banyak pihak [baca: Siang Ini, Digelar Aksi Mengutuk Penyerangan].(ADO)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini