Sukses

Warga: Berikan Pendidikan Seks

Lia, warga Jakarta cukup khawatir dengan kenyataan 51 persen remaja di Jabodetabek telah berhubungan seks pranikah. Bagi dia, cara mencegah dengan memberikan pendidikan seks.

Liputan6.com, Jakarta: Cukup mengejutkan prilaku remaja soal hubungan dengan lawan jenis. Berdasarkan data Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) 2010, 51 persen remaja di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek telah berhubungan seks pranikah.

Lia, warga Jakarta cukup khawatir dengan kenyataan ini. Bagi dia, cara mencegah bertambahnya angka tersebut yakni dengan memberikan pendidikan seks. "Kita gak usah larang ini larang itu, cuma kita kasih tahu inilah seks bebas itu bisa hamil," tutur Lia di Jakarta, belum lama ini.

Besaran 51 persen baru terpantau di Jakarta. BKKBN mendapati angka tak jauh beda di sejumlah kota lain. Seperti Surabaya yakni 54 persen, Bandung sebesar 47 persen dan Medan sebesar 52 persen [baca: BKKBN: 51 Persen Remaja Jabotabek Tidak Perawan].

Perilaku seks bebas di kalangan remaja berhubungan langsung dengan angka penyebaran penyakit menular seksual dan aborsi di kalangan remaja yang terus meningkat.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.