Sukses

Jakarta Akan Tenggelam?

Ternyata, tanah di Jakarta yang dipijak selama bertahun-tahun sebenarnya terus turun alias amblas. Jika kondisinya makin parah, bukan tak mungkin Jakarta akan tenggelam.

Liputan6.com, Jakarta: Sadarkah warga Jakarta, tanah yang mereka pijak setiap tahunnya terus turun alias amblas? Kondisi ini menjadi ketakutan banyak orang. Malah amlasnya jalan disebut-sebut sebagai tanda awal tenggelamnya Jakarta. Anjloknya dermaga utara pelabuhan ikan Muara Angke dan Jalan RE Martadinata merupakan dua bukti ketidakberesan dengan tanah di Ibukota.

Data Wahana Lingkungan Hidup Indonesia pun menunjukkan air laut mulai menguasai Jakarta. Dari sejumlah penelitian dan pengamatan tersebut, muncullah prediksi mengejutkan. Bisa-bisa pada 2050 nanti, Jakarta akan tenggelam. Tanah kota ini tak lagi mampu menahan beban bangunan yang terlalu banyak. Instrusi air laut makin luas, mal dan apartemen makin menjamur, penggunaan air tanah juga makin tinggi.

Jakarta yang gemerlap mampu membius orang berbondong-bondong mengais rezeki. Pun mereka yang ingin menikmati gaya hidup mewah datang ke kota yang tak pernah mati ini. Dengan ancaman alam tersebut, warga Jakarta haruslah lebih waspada dan memerhatikan apa yang perlu diubah untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.(OMI/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini