Sukses

Lukisan 3D dari Koran Bekas

Di tangan warga Kranggan, Bekasi, Jabar, limbah koran menjadi komoditi cantik yang ramah lingkungan. Dia menciptakan lukisan 3D yang terbuat dari bubur kertas.

Liputan6.com, Bekasi: Koran bekas biasanya dibuang begitu saja atau dijual secara kiloan. Namun, di tangan Sumarsono dari Kranggan, Bekasi, Jawa Barat, limbah koran menjadi komoditi cantik yang ramah lingkungan. Dia bisa menciptakan lukisan tiga dimensi yang terbuat dari bubur kertas.

Sejak awal Sumarsono sudah merencanakan untuk hanya menggunakan bahan yang ramah lingkungan dalam menciptakan karyanya. Untuk itu dia mengumpulkan bahan baku berupa koran bekas. Dia juga memilah-milah hanya dan hanya menggunakan kertas koran yang tidak mengandung minyak.

Kertas-kertas bekas itu kemudian direndam dengan air selama dua hari. Hasilnya kemudian dihancurkan menjadi bubur kertas. Bahan ini lalu dicampur dengan lem dan semen putih.                                   

Pada saat bersamaan, Sumarsono juga membuat desain lukisan 3D yang nanti akan menjadi dasar dari lukisannya. Setelah bentuk sesuai dengan desain dan dikeringkan, bubur kertas pun diaplikasikan ke lukisan tersebut. Tak lupa ditambahkan cat warna untuk mendapatkan karakter dari lukisan 3D ini. Setelah dikeringkan jadilah sebuah karya lukisan 3D yang ramah lingkungan dan tidak membahayakan kesehatan.

Kini, dengan terus bertambahnya pesanan, Sumarsono pun mulai menambah karyawannya. Sumarsono berharap hasil karya dari limbah yang diciptakannya ikut mengurangi kerusakan lingkungan saat ini.(ADO)                                                                                         

Sumarsono WH
Jalan Raya Kranggan No.11 Jatisampurna
Pondok Gede, Bekasi
Jakarta 17433
HP:0813-828-56069



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.