Sukses

Hubungan Cina-Jepang Memanas

Tabrakan antara kapal penangkap ikan dengan kapal patroli Jepang di dekat Kepulauan Senkaku, Jepang, membuat hubungan kedua negara Asia tengah tersebut memanas.

Liputan6.com, Beijing: Hubungan antara Cina dan Jepang memanas akibat tabrakan kapal yang mengakibatkan nakhoda Cina ditahan. Cina memutuskan menghentikan hubungan sementara dengan Jepang terkait masalah penangkapan kapten kapal penangkap ikan oleh patroli Jepang. Kapten kapal Cina yang diidentifikasi bernama Zhan Qixiong (41) berada dalam tahanan Jepang sejak 8 September silam.

Seperti dilansir dari media di Cina, pemerintah Cina telah menghentikan kontak tingkat provinsi, termasuk pembicaraan tentang penerbangan dan batubara. Cina berulang kali mengatakan bahwa tindakan hukum Jepang yang diambil terhadap kapten kapal Cina adalah ilegal dan tidak sah. Cina juga telah memperingatkan Jepang akan mengambil tindakan tegas melawan Jepang setelah sebuah pengadilan di Okinawa, Jepang selatan, menahan kapten kapal tersebut selama 10 hari lagi.

Juru bicara dari kantor perdana menteri Jepang Noriyuki Shikata mengatakan, menangani masalah yang cukup serius ini, dibutuhkan ketenangan tanpa emosional.(DES/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini