Sukses

Tumbilotohe Sambut Malam Lailatul Qadar

Warga Gorontalo melaksanakan tradisi tumbilotohe atau malam menyalakan lampu menyemarakkan malam Lailatul Qadar. Tradisi ini memikat ribuan pengunjung.

Liputan6.com, Gorontalo: Malam Lailatul Qadar terasa sangat istimewa. Momen spesial ini tentunya sangat sayang dilewatkan. Dan seperti yang rutin dilakukan, pada malam ke-27 sampai akhir Ramadan warga Gorontalo melaksanakan tradisi tumbilotohe. Berjuta lampu minyak dinyalakan warga menerangi malam-malam Lailatul Qadar.

Hampir di semua sudut kota tampak gemerlap lampu minyak dengan beragam bentuk dan tulisan. Tumbilotohe adalah tradisi khas warga Gorontalo yang digelar setiap tahun. Selepas salat magrib, Gubernur Gorontalo Gusnar Ismail, selaku khalifah dalam tatanan adat Gorontalo, menyalakan lampu perdana sebagai pertanda dimulainya ritual tumbilotohe.

Ribuan pengunjung mulai memadati jalan-jalan untuk menyaksikan keindahan tumbilotohe. Sejumlah ruas jalan pun macet.

Warga menampilkan kreativitas mereka yang tergolong unik. Mereka menerima pesanan pengunjung yang ingin nama diri atau instansinya dirangkai dengan lampu tumbilotohe.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.