Sukses

Film Lingkungan ala Anak-anak Ciliwung

Para remaja yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung ternyata punya daya kreativitas tinggi. Mereka aktif membuat film pendek bertema lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta: Selama ini, warga bantaran Kali Ciliwung hanya muncul di media ketika banjir tiba. Tapi, sebenarnya mereka juga bisa berprestasi. Sejumlah anak yang menamakan diri mereka Dewan Anak Ciliwung mulai aktif memproduksi film-film pendek bertema lingkungan.

Dua tahun lalu, anak-anak yang tinggal di bantaran kali ini sudah membuat film tentang pengolahan sampah. Nah, tahun ini Dewan Anak Ciliwung membuat film tentang kompos.

Di bawah arahan instruktur dari Sanggar Ciliwung Merdeka, tim yang terdiri dari enam remaja itu menentukan alur cerita. Setelah berbagi tugas, saatnya turun ke lapangan. Ada yang bertugas sebagai camera person, dan ada pula sebagai reporter. Untuk melengkapi film karyanya, mereka juga ditugasi mewawancarai warga sekitar.

Lalu apa yang menarik minat mereka? "Pengalaman baru, bisa nambah ilmu juga," ujar Pretty, salah seorang anggota Dewan Anak Ciliwung.

Film tentang kompos ini akan digunakan sebagai sarana pendidikan bagi warga bantaran kali di kawasan Bukit Duri dan Kampung Pulo. Menurut Ratman dan Doan, Koordinator Audio Visual Ciliwung Merdeka, hasil film tersebut secara berkala diputar ketika ada acara dilingkungan warga ataupun acara sanggar. "Kita juga upload di internet," kata Ratman. 

Dengan bekal kreativitas di usia muda, remaja-remaja ini membuktikan warga bantaran Kali Ciliwung juga bisa berkarya dan berprestasi.(TES/AYB)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini