Sukses

Yusron Ihza, Menulis Buku, dan Koleksi Cangklong

Setelah pensiun sebagai anggota DPR, Yusron Ihza Mahendra sibuk mengisi waktu dengan menulis buku dan menjadi dosen. Ia juga hobi mengoleksi cangklong.

Liputan6.com, Jakarta: Bagaimana kabar Yusron Ihza Mahendra? Setelah pensiun sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI, adik bekas Menteri Sekretaris Negara Yusril Ihza Mahendra masih sibuk mengisi waktu dengan menulis buku dan menjadi dosen.

Sebagai pengobat stres, Yusron juga hobi mengumpulkan ratusan pipa rokok atau cangklong dari berbagai belahan dunia. Harganya bervariasi mulai ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah.

Jangan salah duga. Hobi politisi berusia 53 tahun tak sekadar menghabiskan uang tapi ada niat baik di dalamnya. Pria kelahiran Belitung, Bangka Belitung, ini berharap, kelak uang cangklong hasil lelang berguna buat orang lain. Di antaranya untuk membangun sekolah atau membantu anak yatim. "Ini kan barang-barang yang bisa dilelang dengan harga yang mahal," ujar peraih doktor politik ekonomi international dari Universitas Tsukuba, Jepang, Selasa (29/12).

Setelah kendaraan politiknya, Partai Bulan Bintang, tenggelam pada pemilu 2009, Yusron berniat kembali meretas karier politik. Tentunya, kata mantan dosen Universitas Nihon Jepang itu, hal itu dilakukan sambil menyumbangkan pikirannya lewat tulisan.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.