Sukses

Pabrik Mi Berformalin Digerebek

Sekalipun jelas berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi, formalin ternyata tetap digunakan dalam pembuatan makanan. Di Tasikmalaya, Jawa Barat, zat pengawet mayat itu digunakan agar mi tahan lama.

Liputan6.com, Tasikmalaya: Penggunaan formalin dalam produksi makanan kembali terungkap. Kali ini polisi menggerebek sebuah rumah yang dijadikan pabrik mi di kawasan Tamansari, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Di sana, polisi memang hanya menemukan sebungkus mi berformalin. Sebab, lima kuintal mi berformalin lainnya sudah dijual ke Pasar Cikurubuk, Tasikmalaya. Polisi juga menyita dua botol formalin yang digunakan untuk membuat mi.

Ternyata, penggunaan bahan pengawet mayat di pabrik mi itu sudah berlangsung lebih dari setahun. Menurut pemilik pabrik, formalin digunakan agar mi buatannya lebih tahan lama. Ia berdalih tidak mengetahui formalin berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi manusia.(ANS/Eko Setyabudi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.