Sukses

Lintang, Anak Miskin yang Cerdas

Siapa sebenarnya Lintang? Mungkin hanya Andrea Hirata-lah yang tahu. Namun yang pasti sosok seperti Lintang sebenarnya banyak terdapat di Tanah Air. Anak pintar yang tidak bisa berbuat apa-apa karena harus mengalah pada nasib.

Liputan6.com, Belitung: Dalam film dan novel Laskar Pelangi, Lintang adalah sosok murid yang sangat cerdas. Dia tinggal puluhan kilometer dari SD Muhamadiyah Gantung yaitu di daerah Tanjung Klumpang, Bangka Belitung. Setiap hendak sekolah, Lintang selalu dihadang buaya besar namun kerasnya hidup pernah tak membuatnya putus asa.

Lintang terus belajar. Dia bahkan menjadi penentu kemenangan SD Muhammadiyah Gantung dalam lomba cerdas cermat. Suatu hari, Lintang tidak pernah kembali ke sekolah. Ayahnya hilang saat melaut. Lintang pun harus tinggal di rumah mengasuh sang adik.

SCTV mencoba menelusuri keberadaan Lintang di dunia nyata. Pencarian membawa menelusuri pelosok Tanjung Klumpang yang bertahtakan pemandangan Pantai Belitung yang indah. Beberapa orang yang disebut-sebut sebagai Lintang muncul. Tapi ternyata mereka bukanlah Lintang, anak miskin yang cerdas.

Siapa sebenarnya Lintang? Mungkin hanya Andrea Hirata-lah yang tahu. Namun yang pasti sosok seperti Lintang sebenarnya banyak terdapat di Tanah Air. Anak pintar yang tidak bisa berbuat apa-apa karena harus mengalah pada nasib.(TOZ/Teguh Dwi Hartono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini