Sukses

Nasib Mengalahkan Akiong

Akiong, keturunan yang sekolah di SD Muhammadiyah Gantung bercita-cita membela nama daerah sebagai atlet. Sayangnya keadaan ekonomi memupus cita-cita Akiong muda.

Liputan6.com, Belitung: Dalam film dan novel Laskar Pelangi, Akiong adalah satu-satunya murid keturunan Tionghoa di Sekolah Dasar Muhamadiyah Gantung yang digambarkan sebagai sepupu Aling. Wanita yang menjadi cinta pertama Ikal atau Andera Hirata.

Akiong mempunyai nama asli Caw Kin Ciong. Ia adalah anak buruh PN Timah. Di Kecamatan Gantung, nama Akiong tak begitu dikenal karena sejak remaja menjadi muslim dan berganti nama menjadi Aman. Aman kecil bercita-cita membela nama daerah sebagai atlet.

Sayangnya keadaan ekonomi memupus cita-cita Akiong muda. Pendidikan di bangku sekolah SD Muhamadiyah Gantung mengajarkannya untuk tidak mudah menyerah pada nasib. Semua usaha dicoba. Akiong pun mulai melupakan cita-citanya yang mulia.

Sampai akhirnya sejak tahun 1988 Akiong membuka sebuah kedai kopi di salah satu sudut Pasar Gantung, pasar terbesar yang di Kabupaten Belitung Timur. Menurut Bu Muslimah yang merupakan guru SD Muhamdiayah Gantung Akiong adalah anak yang cerdas.

Akiong atau Aman adalah contoh nyata tidak meratanya hasil pembangunan di Belitung sejak tahun 70-an. Masyarakat asli tidak dapat menikmati enaknya uang dari hasil penambangan timah yang melimpah ruah.

Waktu tidak pernah bisa diputar kembali. Kini Akiong harus melupakan cita-citanya sebagai atlet sambil melihat lubang-lubang bekas pertambangan yang ditinggal pergi begitu saja oleh pemiliknya. Akiong harus kalah oleh keadaan.(JUM/Teguh Dwi Hartono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini