Sukses

Edmund Phelps Meraih Nobel Bidang Ekonomi

Edmund Phelps, profesor Universitas Columbia Amerika Serikat dinobatkan sebagai peraih Nobel di bidang ekonomi. Phelps menerima Nobel lewat penelitiannya tentang keterkaitan antara pengangguran dan inflasi.

Liputan6.com, Stockholm: The Royal Swedish Academy of Science menobatkan Edmund Phelps sebagai penerima Nobel di bidang ekonomi, Senin (9/10). Profesor Universitas Columbia, Amerika Serikat ini dinilai layak menerima hadiah Nobel setelah meneliti tentang keterkaitan antara pengangguran dengan inflasi.

Phelps melawan asumsi yang berkembang pada era 60-an. Teori itu mengatakan, pemimpin bisa memotong tingkat pengangguran dalam jangka panjang dengan menstimulasi permintaan. Pria berusia 73 tahun ini menunjukkan, pemotongan suku bunga atau pajak hanya memberikan gairah lapangan kerja dalam jangka pendek. Phelps juga menyebutkan, bahwa inflasi bukan penyebab tingkat pengangguran meninggi. Sebaliknya, pada dasarnya tingkat pengangguran justru membantu harga-harga melambung.

Sejauh ini, warga AS menyapu hadiah Nobel di hampir seluruh bidang. Dua bidang lainnya yaitu kesusasteraan baru yang akan diumumkan Kamis mendatang. Sedangkan bidang perdamaian pada Jumat mendatang. Para peraih penghargaan yang diambil dari penemu dinamit Alfred Nobel berhak atas hadiah sebesar US$ 1,37 juta.(DNP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.