Sukses

Hari Bumi Bersama Anak-Anak Bantaran Ciliwung

Anak-anak di sekitar bantaran Sungai Ciliwung antusias mengikuti beragam kegiatan memperingati Hari Bumi Sedunia. Namun, keterbatasan dana mengakibatkan pelaksanaan acara kurang memadai dan terkesan simbolik.

Liputan6.com, Jakarta: Hari Bumi Sedunia pada 22 April mungkin terlewatkan bagi sebagian orang. Namun tidak bagi anak-anak yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, Condet, Jakarta Timur. Mereka belum lama ini memperingati Hari Bumi dengan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan hidup.

Puluhan anak-anak sekolah dasar ini tampak serius menggambar dan mewarnai di bawah langit terlindung rindangnya pohon. Kegiatan ini, menurut Wahana Komunitas Lingkungan Hidup, bertujuan meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup semenjak dini.

Peringatan ini juga melibatkan anak-anak dalam menanam pohon dan melepaskan benih ikan ke Sungai Ciliwung. Sayang, keterbatasan dana mengakibatkan jumlah pohon dan benih ikan kurang memadai dan hanya terkesan simbolik. Pihak penyelenggara mengaku tak mendapat bantuan penyediaan bibit dari instansi terkait.

Dengan kampanye cinta lingkungan ini, diharapkan Jakarta tak lagi menghadapi ancaman banjir. Atau setidaknya, citra buruk Sungai Ciliwung sebagai penyebab banjir menguap melalui pengembangan kawasan konservasi Sungai Ciliwung. Termasuk menjadi objek wisata seperti yang tengah dikembangkan dalam beberpa tahun belakangan ini.(TOZ/Winny Arnold dan Achmad Haris)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.