Sukses

Peninggalan Majapahit Ditemukan di Jember

Berbagai peninggalan Kerajaan Majapahit di Kompleks Candi Deres ditemukan dalam kondisi rusak. Para peneliti menduga benda bersejarah ini sudah banyak dicuri.

Liputan6.com, Jember: Sejumlah benda peninggalan bersejarah Kerajaan Majapahit ditemukan di kawasan Kompleks Candi Deres, Desa Purwosari, Kecamatan Gumuk Mas, Jember, Jawa Timur. Sayangnya, peninggalan bersejarah yang diduga berjumlah ratusan itu telah dicuri orang. Hal ini diungkapkan peneliti Universitas Jember Hendro Sumartono di Surabaya, baru-baru ini.

Menurut Hendro, benda-benda bersejarah tersebut ditemukan tak utuh lagi dan sebagian besar dalam keadaan rusak. Peninggalan tersebut berupa puluhan logam, mata tombak berukir, keris, tempayan berukir dari gerabah, lempengan logam bermotif nekara Dewa Syiwa, gelang perhiasan, dan manik-manik.

Selain itu, para peneliti juga menemukan batu dengan ornamen lingga yoni berkepala bunga teratai dan potongan lengan Arca Syiwa. Sejauh ini, benda-benda tersebut masih disimpan di Wisma Guru, Kecamatan Gumuk Mas, Jember. Hendro menambahkan, banyak benda purbakala yang diperjualbelikan secara ilegal. Meski sudah berupaya, usaha pemerintah daerah melestarikan peninggalan itu belum membuahkan hasil.(ORS/Hasan Sentot dan Joko Sulistiobudi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini