Sukses

Pemukiman di Bantaran Sungai Ciliwung Ditata Ulang

Pemerintah akan menata ulang kawasan pemukiman di bantaran Sungai Ciliwung Jakarta. Masyarakat di kawasan itu tak akan digusur, tapi hanya dipindahkan ke tempat yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta: Masyarakat bantaran Sungai Ciliwing Jakarta boleh sedikit lega. Sebab, Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah Erna Witoelar berjanji tak menggusur masyarakat di kawasan tersebut. Demikian penegasan Erna, Rabu kemarin, di Jakarta.

Kendati begitu, kata Erna, pemerintah tetap akan menata ulang pemukiman masyarakat di bantaran Sungai Ciliwung. Penataan tersebut berkaitan dengan Program Kali Bersih yang dicanangkan pemerintah. Sehingga perumahan dan pemukiman yang ada di sekitar Sungai Ciliwung juga akan ikut tertata.

Erna menambahkan, penataan ulang itu dilakukan dengan cara merelokasi warga, terutama yang tinggal di bantaran sungai. Para warga ini akan diberikan pemukiman pengganti yang letaknya tak jauh dari lokasi semula. "Meski begitu, pemerintah tak akan memaksa, apalagi menggusur warga," kata Erna, menegaskan.

Sedangkan mengenai pembangunan kali bersih, Erna menjelaskan, pemerintah telah menggelar serangkaian acara. Sebuah acara yang dilakukan Rabu kemarin adalah lelang gambar kebersihan air di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan. Lelang tersebut mengumpulkan dana Rp 600 juta.(ULF/Tris Wijayanto dan Arry Trisna Priantara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.