Sukses

Harga Pangan Terus Meroket Naik

Hari pertama Bulan Ramadan ini harga daging dan ayam di berbagai daerah terus mengalami kenaikan, demikian juga harga berbagai kebutuhan pokok lainnya.

Liputan6.com, Ambon: Harga daging diberbagai daerah terus naik, di pasar tradisional Arombai, Ambon. Harga daging ayam dalam dua pekan terakhir ini naik hingga tiga kali berturut-turut, daging ayam yang semula di jual Rp 18 ribu perkilo, kini naik menjadi Rp 21 ribu, kemudian naik lagi menjadi Rp 25 ribu, dan terakhir menjadi Rp 28 ribu perkilogramnya, Rabu (11/8).

Selain daging ayam yang naik, harga daging sapi pun ikut naik. Namun, kenaikannya tidak setinggi harga ayam. Kenaikan harga daging sapi ini hanya sebesar lima ribu rupiah saja, yakni dari Rp 45 ribu naik menjadi Rp 50 ribu. Lonjakan harga daging ini diperkirakan karena lambatnya pasokan dari para pemasok di Surabaya, Jawa Timur.

Sedangkan di Serang, Banten, harga daging sapi dan kerbau, mengalami kenaikan harga yang signifikan menjadi Rp 70 ribu dari sebelumnya Rp 55 ribu. Mahalnya harga para pedagang mengaku sepi pembeli. Harga daging di Pasar Induk Rau, Serang, kini mencapai Rp 70 ribu sampai Rp 75 ribu perkilonya, seperti harga daging kambing yang sebelumnya hanya Rp 45 ribu tetapi kini Rp 50 ribu.

Di Pemalang, Jawa Tengah, harga kebutuhan pokok pun juga naik, selain gula pasir dan gula merah, yang naik seribu rupiah. Harga ikan pun terus melejit. Kemarin, udang perkilonya hanya Rp 40 ribu, namun sekarang sudah naik hingga Rp 47 ribu, ikan bandeng dan bawal, rata-rata naik hingga tiga ribu rupiah.

Sedangkan, harga daging sapi dan ayam di Pemalang ini cendrung stabil. Akibat kenaikan yang terus menerus ini, banyak pedagang mengaku rugi. Pasarnya, sudah sebulan lebih penghasilan mereka berkurang dan juga mengakibatkan sepinya pembeli.(APY/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini