Sukses

Muqowam Optimis Hadapi Pemilihan Ketum PPP

Kandidat Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Akhmad Muqowam mengaku semakin optimistis menghadapi pemilihan Ketua Umum PPP periode 2011-2016, setelah kandindat lainnya Muchdi Pr menyatakan mundur dan mengalihkan dukungan kepada dirinya.

Liputan6.com, Bandung: Kandidat Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Akhmad Muqowam mengaku semakin optimistis menghadapi pemilihan Ketua Umum PPP periode 2011-2016, setelah kandindat lainnya Muchdi Pr menyatakan mundur dan mengalihkan dukungan kepada dirinya.

"Pak Muchdi adalah teman baik saya. Saya berkomunikasi dengan Pak Muchdi dan mengajak bertemu," kata Akhmad Muqowam di Bandung, Senin (4/6).

Menurut dia, setelah berdiskusi dengan Muchdi dirinya memiliki visi dan misi yang sama, yakni prihatin terhadap kondisi PPP saat ini dan ingin berjuang untuk membesarkan partai.

Selama tiga kali pemilu, kata dia, perolehan suara PPP terus menurun, karena itu diperlukan pola kepemimpinan baru yang akomodatif untuk membesarkan PPP ke depan.

Akhmad Muqowam mengucapkan terima kasih kepada Muchdi yang telah mengalihkan dukungan kepada dirinya untuk tampil pada pemilihan kursi Ketua Umum PPP.

Menurut dia, untuk tampil sebagai pemenang pada pemilihan harus menyiapkan stretegi dan dilakukan bersama-sama.

"Strategi itu melalui langkah-langkah efektif, membangun komunikasi dan konsolidasi, serta mencermati semua kemungkinan yang akan terjadi," kata Muqowam.

Menurut dia, untuk mencapai kursi Ketua Umum PPP tidak bisa dilakukan sendiri, tetapi harus bekerja bersama-sama dan terus menggalang konsolidasi.

Karena itu, katanya, dirinya telah membangun komunikasi dan konsolidasi sejak lama dengan kader PPP di daerah.

"Saya juga membangun komunikasi dengan kandidat lainnya," katanya.

Ketua Bidang Politik DPP PPP ini menambahkan, ibarat kimia, semua kandidat ketua umum adalah unsur kimia yang bisa menyatu dengan unsur lainnya.

Muqowam menambahkan, dirinya dan Muchdi Pr secara "chemistry" adalah dua orang sahabat, sehingga mudah sekali berkomunikasi untuk menyatu.

Sedangkan dengan Ahmad Yani, kata dia, juga memiliki "chemistry", tapi dari pemberitaan di media massa Yani masih menyatakan akan tampil sebagai calon ketua umum.

"Saya menghargai sikap dan kemandiriannya," katanya.

Sedangkan dengan kandidat "incumbent" Suryadharma Ali, Muqowam mengakui "chemistry-nya" antitesis yang sulit menyatu.

Sebelumnya, Muchdi Pr menyatakan batal tampil sebagai calon Ketua Umum PPP dan menyerahkan dukungannya kepada Akhmad Muqowam.

Dengan mundurnya Muchdi, saat ini ada tiga kandidat ketua umum yakni Suryadharma Ali, Akhmad Muqowam, dan Ahmad Yani. Muktamar VII PPP di selenggarakan di Bandung, 3-7 Juli 2011.(ANT/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini