Sukses

Bambang Soesatyo: SBY Jangan Ragu Menegakkan Hukum

Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo, meminta Presiden Yudhoyono tidak ragu dalam menegakkan hukum.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY diminta tidak ragu dalam menegakkan hukum. Tidak dengan cara seperti sekarang yang mengambangkan berbagai kasus tak jelas ujungnya, sehingga memicu ketidakpercayaan publik kepada presiden dan penegak hukum. Demikian disampaikan Bambang Soesatyo, anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat, kepada Liputan6.com lewat surat elektronik di Jakarta, Rabu (29/6). .

Menurut Bambang, seharusnya dalam menegakkan hukum Presiden Yudhoyono tidak bersikap minimalis. Sebab, kata dia, bila SBY terus bersikap minimalis, maka komitmennya untuk penegakan hukum hanyalah pepesan kosong belaka. "Presiden bisa memerintahkan Polri dan penegak hukum lain untuk menyelesaikan kasus-kasus hukum yang ada. Itu sifatnya bisa berbentuk perintah khusus. Sangat urgen," kata Bambang.

Bambang lantas mencontohkan karut marut persoalan hukum yang belum selesai hingga kini. Misalnya, imbuh dia, dugaan pemalsuan surat putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Selanjutnya, kasus suap wisma atlet, kasus Miranda Goeltom, kasus mafia pajak, hingga ketidakjelasan proses hukum skandal Bank Century.

"Hal itu menjadi penting. Demi kepastian hukum dan memulihkan kepercayaan rakyat kepada pemerintah," ujarnya.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.