Sukses

Kondisi Negara dalam Bahaya

Terbongkarnya sejumlah kasus korupsi yang melibatkan politisi, penyelenggara negara, bahkan aparat hukum telah melukai rasa keadilan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta: Terbongkarnya sejumlah kasus korupsi yang melibatkan politisi, penyelenggara negara, bahkan aparat hukum telah melukai rasa keadilan masyarakat. Bahkan membuat negara ini dalam kondisi bahaya dan terancam jadi negara yang gagal.

Hal ini terungkap dalam silaturahmi Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud dan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (1/6). Mahfud dan Din sepaham kasus korupsi dan praktik suap tak hanya menodai pemerintahan tapi membuat rakyat muak.

Apabila kondisi seperti ini dibiarkan maka bukan tidak mungkin Indonesia menjadi negara gagal atau the failled state. Bahkan Indonesia telah masuk daftar negara yang hampir bangkrut berdasarkan indikator demografi dan pembiaran negara terhadap permasalahan rakyatnya.

Melihat kenyatan ini, Din Syamsuddin mengusulkan perlu adanya gerakan moral dari masyarakat untuk melawan kejahatan, ketidakadilan, dan perilaku korup yang menggerus uang rakyat. Gerakan moral tersebut bisa dimulai dengan gerakan pertobatan nasional.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.