Sukses

Yudhoyono: Jemput Paksa Nazaruddin!

Yudhoyono memerintahkan pengurus partai untuk mengambil langkah proaktif soal upaya pemulangan Nazaruddin secara sukarela. Namun jika tidak bisa, bisa dilakukan upaya jemput paksa.

Liputan6.com, Jakarta: Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono meminta pengurus partai mengupayakan pemulangan M. Nazaruddin. Bahkan Yudhoyono setuju jika  dilakukan upaya penjemputan paksa andaikata Nazaruddin tak mengindahkan perintah kembali ke Tanah Air. Hal ini disampaikan Ketua DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga, Ahad (29/5), di Jakarta.

Menurut Kastorius, Yudhoyono memerintahkan pengurus partai untuk mengambil langkah proaktif soal upaya pemulangan Nazaruddin secara sukarela. Namun jika tidak bisa, bisa dilakukan upaya jemput paksa.

Kepergian mantan bendahara umum Partai Demokrat itu ke Singapura ditafsirkan banyak kalangan sebagai upaya melarikan diri dari dugaan suap pembangunan wisma atlet yang menyeret namanya. Itulah sebabnya, Demokrat mendorong kasus tersebut segera diselesaikan secara hukum agar semuanya menjadi jelas.

Keinginan agar Nazaruddin segera pulang dan memenuhi pemeriksaan KPK juga disampaikan tokoh pemuda Demokrat M. Patra Zen. Dia berharap citra Demokrat tetap terjaga dan tidak terganggu dengan kasus tersebut.

Seperti diberitakan, Nazaruddin pergi ke Singapura hanya selang sehari sebelum surat cekal diterbitkan atas permintaan KPK, 24 Mei silam. Dia beralasan hendak memeriksakan kesehatannya di sana. Kini KPK berharap Nazaruddin kembali ke Tanah Air dengan sukarela untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pembangunan wisma atlet SEA Games di Palembang, Sumatra Selatan.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini