Sukses

SBY: Tak Ada Peluang Kudeta Militer

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY menegaskan tidak ada peluang untuk terjadinya kudeta militer di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Di hadapan para editor senior dari berbagai media massa Amerika Serikat di Kantor Kepresidenan di Jakarta, Kamis (19/5), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY mengatakan bahwa tidak ada peluang kudeta militer. Sebab, sebanyak 85 persen masyarakat Indonesia percaya bahwa negara saat ini sudah berada pada jalur yang benar.

"Tidak ada peluang kudeta militer, bahkan 85 persen orang Indonesia yakin bahwa negara mereka berada pada arah yang benar," ujarnya saat menerima para editor senior yang tergabung dalam program International Reporting Programme (IRP) dari Universitas John Hopkins itu.

Presiden mengatakan, institusi negara yang dibangun setelah masa reformasi amat stabil dan kuat, sedangkan demokratisasi juga semakin berkembang. Hal itu, lanjut dia, dapat terlihat dari pemilu yang rutin digelar setiap lima tahun sekali, kebangkitan masyarakat sipil, serta kebebasan pers yang hidup dan dinamis.

Di hadapan para tamunya dari AS yang berkunjung selama sepuluh hari di Indonesia, Presiden Yudhoyono membanggakan demokratisasi yang bertambah kuat serta tidak bisa berbalik mundur lagi. "Keadaan sekarang ini kontras dengan periode 1998 hingga 2001 ketika kami hampir berganti presiden setiap tahun," ujarnya.

Menurut SBY, Indonesia saat ini terus memperkuat prinsip-prinsip demokrasi, membangun kembali ekonomi, serta berupaya menegakkan hukum serta memberantas praktik korupsi. Presiden juga menegaskan bahwa Indonesia telah berhasil melalui ujian sejarah setelah melewati krisis multidimensi yang terjadi pada 1997-1998.

"Sejujurnya, saat itu terjadi banyak kekacauan dan gangguan keamanan, tetapi kami tetap selamat dari ujian sejarah itu. Saya yakin selama sepuluh tahun terakhir kami telah mencapai banyak hal, tetap masih banyak yang harus dilakukan pada tahun-tahun mendatang," tuturnya.

IRP adalah program yang diselenggarakan oleh Universitas John Hopkins di AS yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan saling pemahaman antara media massa Amerika Serikat dan Indonesia melalui program kunjungan. Selama sepuluh hari, editor senior dari berbagai media massa AS telah berkunjung ke Jakarta, Yogyakarta, dan Kalimantan Barat untuk mengunjungi perkampungan suku Dayak.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini