Sukses

Komisi III Kecam Rencana Perayaan HUT Israel

Anggota Komisi VIII DPR Jazuli Juwaini menilai kegiatan itu melukai perasaan rakyat Palestina dan mengkhianati bangsa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Rencana sekelompok orang yang akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Israel di Indonesia dikecam banyak kalangan di antaranya DPR. Anggota Komisi VIII DPR Jazuli Juwaini menilai kegiatan itu melukai perasaan rakyat Palestina dan mengkhianati bangsa Indonesia.

Menurut anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera itu, perayaan itu bertentangan dengan Pembukaan UUD 1945 mengenai semangat Indonesia untuk menolak penjajahan. Israel, katanya, telah menjajah Palestina dan melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia berat terhadap rakyat Palestina.

"Bangsa Indonesia belum mengakui kemerdekaan Israel karena negara tersebut adalah penjajah dan pelanggar HAM berat. Bagaimana mungkin kita ikut merayakan HUT kemerdekaan bangsa yang tidak kita akui kemerdekaannya?," ujar Jazuli di Jakarta, Jumat (13/5).

Jazuli juga mengecam rencana panitia penyelenggara yang akan mengibarkan Merah Putih dan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan pengibaran bendera Israel diiringi lagu kebangsaan Israel. "Ini sama saja melecehkan Indonesia dan menganggap Indonesia sama seperti Israel sebagai negara penjajah," tegasnya.

Jazuli mengajak bangsa Indonesia berempati dalam membantu perjuangan rakyat Palestina agar mendapat pengakuan dunia internasional. "Apa yang terjadi di Palestina adalah tragedi kemanusiaan, karena itu merayakan HUT Israel berarti memberikan justifikasi terhadap pelanggaran HAM di Palestina," ungkapnya.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini