Sukses

Osama Dikabarkan Terbunuh di Luar Kota Islamabad

Seorang sumber dari pihak berwenang AS menyebutkan Osama bin Laden terbunuh di sebuah rumah tinggal di luar kota Islamabad, Pakistan. Jenazah Osama kini dikuasai pihak berwenang AS.

Liputan6.com, Washington: Seorang sumber dari pihak berwenang Amerika Serikat menyebutkan Osama bin Laden terbunuh di sebuah rumah tinggal di luar kota Islamabad, Pakistan. Jenazah Osama kini dikuasai pihak berwenang AS. Demikian diumumkan secara resmi pemerintah AS seperti dikutip Reutes, Senin (2/5) waktu setempat.

Presiden AS Barack Obama mengeluarkan pengumuman yang dramatis ini segera setelah dikabari bawahannya dengan tiba-tiba larut malam waktu AS di Gedung Putih. Ini adalah prestasi besar bagi Obama dan tim keamanan nasionalnya.

Pendahulu Obama, George W. Bush, telah berulangkali bersumpah mengadili otak serangan 11 September 2001 ke New York dan Washington. Tapi sumpah itu tak pernah terwujud sampai kemudian kekuasaan Bush berakhir awal 2009.

Para pejabat AS mengatakan setelah pencarian yang sia-sia sejak Osama menghilang di Afghanistan pada akhir 2001, teroris kelahiran Saudoi itu mati dan jenazahnya dibawa otoritas AS. Dengan memiliki bukti jenazahnya makan akan membantu meyakinkan kalangan yang meragukan Osama benar-benar meninggal.

Osama menjadi target utama perburuan AS sejak dia mengelabui tentara AS dan pasukan milisi Afghan dalam serangan besar-besaran di pegunungan Tor Bora pada 2001. Penjejakannya kemudian meredup setelah dia menghilang dan banyak pejabat intelijen menyakini di bersembunyi di Pakistan.(Ant/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini