Sukses

Malam Ini, PM Cina Berkunjung ke Indonesia

PM Cina Wen Jiabao akan berkunjung ke Indonesia, Kamis malam. Ini merupakan kunjungan resmi pertama PM Wen Jiabao sejak menjabat 2003 lalu.

Liputan6.com, Beijing: Liputan 6 SCTV bersama harian Kompas dan The Jakarta Post diundang ke Zhongnanhai, kantor Perdana Menteri Cina Wen Jiabao di Beijing, baru-baru ini. Dalam kunjungan ini, PM Wen yang kini berusia 69 tahun tidak keberatan saat kru SCTV menyapanya dengan sebutan Kaken Wen. Sebab, ia kerap dipanggil Kakek Wen oleh rakyatnya.

Wawancana panel dilakukan Liputan 6 SCTV menyambut kunjungan tiga hari PM Wen ke Indonesia. PM Wen akan tiba di Jakarta, Kamis (28/4) malam. Ia akan meninggalkan Jakarta, Sabtu (30/4) lusa. Ini merupakan kunjungan PM Cina pertama dalam 10 tahun terakhir.

Indonesia memiliki tempat khusus di hati PM Wen. Sejak anak-anak, ia mengaku akrab dengan lagu tradisional Indonesia, seperti Ayo Mama. "Saya masih bisa menyenandungkan lagu terkenal dari Indonesia, Rasa Sayange dan Ayo Mama," kata PM Wen.

Kunjungan PM Wen membawa sejumlah misi, seperti menandatangani serangkaian kerja sama politik, ekonomi, pendidikan, dan ilmu pengetahuan serta teknologi. Dalam kunjungan ini, PM Wen juga membawa delegasi pengusaha Cina untuk mengikuti dialog bisnis strategis Tionghoa-Indonesia. Sebab, Pemerintah Cina ingin meningkatkan hubungan budaya dan pendidikan. Selain itu, PM Wen juga akan mengunjungi Universitas Al Azhar di Jakarta.

Sejak tahun lalu, hubungan Indonesia dan Cina memasuki tahap baru, terutama sejak diberlakukannya Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN-Cina atau ACFTA. Namun demikian, masih ada sejumlah kekhawatiran pelaku bisnis Indonesia akan gempuran produk-produk impor dari Cina yang membanjiri pasar dalam negeri.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini