Sukses

Presiden Yudhoyono Akan Menerima Menlu Jepang

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menerima kunjungan kehormatan Menlu Jepang Takeaki Matsumoto. Menlu Jepang berada di Jakarta untuk menghadiri pertemuan ASEAN Jepang yang diselenggarakan di Sekretariat ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Jepang Takeaki Matsumoto di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Sabtu (9/4) siang. Matsumoto berada di Jakarta untuk menghadiri pertemuan ASEAN-Jepang yang diselenggarakan di Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan.

Pertemuan Khusus Tingkat Menteri ASEAN-Jepang ini merupakan bentuk ungkapan solidaritas masyarakat ASEAN kepada masyarakat Jepang yang telah dilanda bencana gempa serta tsunami dahsyat beberapa waktu lalu. Jepang merupakan mitra dekat ASEAN yang selama ini secara konsisten membantu negara-negara ASEAN saat dilanda bencana alam.

Para Menteri ASEAN dan Jepang akan membahas cara-cara dan sarana untuk meningkatkan kerja sama penanganan bencana alam serta bantuan. Selain itu, juga akan dibahas soal upaya-upaya pemulihan setelah bencana yang meliputi pemulihan, rehabilitasi, dan pembangunan kembali.

Pertemuan ini juga bertujuan memperkuat kerja sama dalam aspek-aspek pra-bencana alam, seperti pencegahan, mitigasi, serta  pengurangan resiko bencana alam.

Pertemuan ini adalah inisiatif Indonesia selaku Negara Koordinator Dialog Kemitraan ASEAN-Jepang (2009-2012). Indonesia juga merupakan Ketua ASEAN menanggapi bencana gempa dan tsunami di Jepang serta bencana alam lainnya yang menimpa kawasan Asia Tenggara, belum lama ini.

Petang nanti, Presiden Yudhoyono dijadwalkan memberikan sambutan pada pertemuan tersebut yang diselenggarakan di Sekretariat ASEAN.(BOG/ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini